Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bone Bolango akan mewujuudkan program bupati setempat, yakni pencapaian 2.000 kantong darah untuk kebutuhan di daerah tersebut.

Salah satu pengurus PMI Kabupaten Bone Bolango, Usman Yunus, Minggu, mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi kemudian aksi donor darah dalam setiap kesempatan untuk mewujudkan target tersebut.

Terkait dengan pencanangan Hari Patriotik tahun 2015 yang dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun ke-14 Provinsi Gorontalo, pihak PMI Kabupaten Bone Bolango telah mendapatkan 38 kantong darah yang didonorkan secara sukarela oleh masyarakat.

"Sukseskan program Ketua PMI Bone Bolango, dalam hal ini Bupati Bone Bolango Hamim Pou yang menargetkan 2.000 kantong darah setiap tahunnya," kata Usman.

Sementara itu, salah satu pendonor darah secara aktif di Kabupaten Bone Bolango, Abdul Kadir Pakaya menjelaskan, upaya PMI merupakan langkah positif yang harus didukung semua pihak.

Menurut Abdul Kadir, kegiatan gelar donor darah sebaiknya bisa dilaksanakan selang 3 bulan sekali, sehingga target 2.000 kantong darah dalam setiap tahun bisa terpenuhi.

"Kesadaran masyarakat untuk menyumbangkan darah untuk kemanusiaan pun sebaiknya bisa terus didorong," kata Abdul Kadir.

Aldy, salah satu warga di Bone Bolango, berharap program pencapaian 2.000 kantong darah itu, tidak hanya sasarannya warga, tetapi perlu rutin melibatkan jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kemudian pentingnya sosialisasi ke warga tentang sisi positif tentang donor darah khususnya dilakukan berulang-ulang, karena selama ini belum diketahui publik.

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015