Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bone Bolango mengakui pelaksanaan rekrutmen dan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di daerah tersebut, menjadi rujukan nasional.

Kepala Sub Bidang Mutasi BKPPD Kabupaten Bone Bolango Fredy Lasut, Minggu, mengatakan, dalam kurun waktu 2 bulan terakhir ini pihaknya banyak mendapatkan kontak dan kunjungan resmi dari sejumlah kabupaten atau kota di Indonesia terkait seleksi tersebut.

Termasuk juga beberapa kabupaten di Provinsi Gorontalo, turut menanyakan proses pelaksanaan rekrutmen JPT di Kabupaten Bone Bolango.

Sementara untuk daerah-daerah yang "belajar" di Kabupaten Bone Bolango, antara lain Kabupaten Rote Ndao Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah serta dua dari Provinsi Gorontalo, yakni Kabupaten Gorontalo Utara, dan Kabupaten Pohuwato.

Fredy menjelaskan Kabupaten Rote Ndao Provinsi Nusa Tenggara Timur diarahankan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk menanyakan proses rekrutmen atau seleksi JPT ke Kabupaten Bone Bolango.

Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah, mendatapakan informasi terkait proses rekrutmen tersebut melalui fasilitas internet, dan mendapatkan informasi bahwa yang sudah melaksanakan seleksi JPT adalah Kabupaten Bone Bolango.

"Sementara untuk Kabupaten Gorontalo Utara dan Pohuwato, mendatangi pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam studi komparasi di BKPPD," kata Fredy.

Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa Kabupaten Bone Bolango telah menjadi rujukan untuk rekrutmen JPT di daerah, di luar instansi vertikal di Indonesia.

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015