Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menyalurkan bantuan pangan di Kecamatan Botumoito dan Mananggu, Kabupaten Boalemo, Selasa.

Bantuan diserahkan oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi istri Idah Syahidah dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD).

Bantuan merupakan bantuan pangan bersubsidi yang diberikan kepada seribu warga di setiap kecamatan.

Ada delapan jenis pangan dalam setiap paket yakni beras lima kilogram, gula pasir satu kilogram, minyak goreng satu liter, telur 10 butir, cabe, bawang merah dan bawang putih dan ikan.

“Ada banyak bantuan yang diberikan pemerintah mulai dari pusat, provinsi, kabupaten dan kota. Nah bantuan subsidi pangan ini adalah program NKRI Peduli yang sejak tahun 2013 kami gulirkan. Harapannya warga yang tidak dapat bantuan dari pusat, kabupaten dan desa bisa diintervensi dengan bantuan ini,” jelasnya.

Jika biasanya bantuan yang lebih dikenal dengan Bakti Sosial NKRI Peduli itu dijual dengan harga Rp60.000 per paket, di masa pandemi COVID-19 diberikan secara gratis.

Bahan pangan yang disubsidi oleh Dinas Kumperindag itu digratiskan melalui dana Baznas Provinsi Gorontalo.

Gubernur berharap bantuan itu bisa meringankan beban warga di masa penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Provinsi Gorontalo.

Warga diminta tidak bepergian ke luar daerah, tetap di rumah dan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus.

“Sampai 17 Mei PSBB diberlakukan. Nanti akan kami evaluasi seberapa signifikan memutus rantai penularan corona? Kalau trennya masih tinggi ada kemungkinan kita perpanjang. Jadi intinya patuhi imbauan pemerintah,” tambahnya.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020