Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, Teluk Tomini yang berada di tiga provinsi, yakni Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara, harus terus dilestarikan karena menyimpan jutaan biota laut.

"Teluk Tomini masih menyimpan banyak keanekaragaman hayati yang harus dilindungi, dan Pemkab Bone Bolango terlibat aktif dalam menjaganya," kata bupati.

Menjelang pelaksanaan Sail Tomini tahun 2015 yang akan dilaksanakan di Sulawesi Tengah dan Gorontalo, makanya perlu diadakan kampanye penyelamatan untuk menjaga terumbu karang yang masih sangat baik.

Teluk Tomini memiliki luas termbu karang sekitar 1.031 hektare dan luas hutan mangrove sekitar 785.10 hektare.

Taman Laut Olele merupakan salah satu bagian dari Teluk Tomini yang menyimpan keanekaragaman hayati di perairan itu, dan menjadi objek wisata andalan yang ada di daerah itu.

"Pengamanan laut itu penting untuk menghindari aksi pelanggaran hukum seperti pemboman ikan di laut dan sebagainya," ujarnya.

Pemkab Bone Bolango akan mengambil bagian pada pelaksanaan Sail Tomini, dengan melaksanakan Festival Olele dengan berbagai kegiatan kebaharian yang ada.

"Ini langkah promosi dan sosialisasi untuk mengenalkan wisata laut ke mancanegara," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango Rudy Iriawan.  

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015