Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Rangkaian kegiatan Festival Boalemo dan Sail Tomini, akan dimulai tanggal 15 April 2015 di Jakarta, kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa.

Sail Tomini bertema "Mutiara Khatulistiwa untuk kehidupan Masa depan" dan Tema Festival Boalemo "Gebyar Festival Boalemo untuk Kehidupan Masa Depan" itu didasarkan pada Keputusan Presiden nomor 42 tahun 2014 Tentang Panitia Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015, dan Keputusan Gubernur Gorontalo tentang panitia provinsi.

"Kami sudah rapat dengan seluruh kementerian dan lembaga terkait. Peluncuran dua kegiatan ini akan menampilkan tarian daerah, kuliner, pameran dan pemutaran film profil daerah Provinsi Gorontalo, Boalemo, dan Parigi Moutong Sulawesi Tengah," jelasnya, Rabu.

Sementara untuk puncak kegiatan Festival Boalemo akan dilaksanakan di Kabupaten Boalemo, Gorontalo pada 10 September 2015, acara puncak Sail Tomini dilaksanakan 18 September di Parigi Moutong.

Menurutnya, target pelaksanaan Sail Tomini dan Festival Boalemo untuk memperkenalkan potensi Teluk Tomini yang melintasi tiga provinsi yakni Gorontalo, Sulawesi Utata dan Sulawesi Tengah.

"Tujuan akhirnya tentu untuk mendukung kesejahteraan masyarakat dan akan lebih merekatkan kerja sama antar tiga provinsi dan 23 kabupaten kota yang ada dalam kawasan Tomini," tambahnya.

Dari rapat koordinasi yang dilakukan, Sekda mengungkapkan ada lebih dari 20 kegiatan pendukung akan digelar diantaranya bakti sosial kesehatan, Gerakan Membangun Kampung, dan pameran.

Sementara untuk promosi daerah, setiap provinsi akan melakukan seminar nasional, tur diplomasi, Ekspedisi Riset Teluk Tomini dan melalui publikasi di media massa.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015