Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Partai Amanat Nasional (PAN) segera menentukan calon bupati dan calon wakil bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Gorontalo tahun 2015.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kabupaten Gorontalo, Anas Yusuf, Selasa, mengatakan awal April nanti sudah ada nama pasangan cabup-cawabup yang akan diusung partainya.

"Pihak DPD segera mengajukan usulan nama paket pasangan cabup-cawabup ke pihak Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Provinsi Gorontalo, untuk selanjutnya akan ditetapkan," ujar Anas di Limboto.

Ia menjelaskan, pihaknya telah membentuk tim Pilkada sesuai pedoman organisasi yang dimiliki, untuk menyeleksi pasangan yang tepat sebagai cawabup mendampingi dirinya yang dipastikan akan maju sebagai cabup.

Prosesnya sedang berlangsung, sebab penentuan cawabup tak boleh sembarangan dilakukan karena harus memperhatikan elektabilitas, kesesuaian visi misi serta peluang meraih kemenangan pada Pilkada nanti.

"Proses ini sudah mulai mengerucut meski siapa orangnya belum bisa kita buka. Komunikasi-komunikasi politik yang terus dilakukan sudah menggambarkan siapa yang akan ditentukan sebagai cawabup yang akan diusung PAN," ujar Anas.

Lima kursi PAN di parlemen kata ia, belum cukup memenuhi kouta 20 persen untuk bisa mengusung cabup-cawabup sendiri, olehnya pilihan berkoalisi sudah pasti akan dilakukan.

"Namun terkait siapa yang akan menjadi cawabup, baru bisa dipublikasikan pada awal April nanti apakah sosok yang ada di parlemen ataukan dari luar," jelas Anas.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Provinsi Gorontalo, Feriyanto Mayulu memastikan jika pihaknya sudah merestui Anas Yusuf pada Pilkada Kabupaten Gorontalo.

"PAN akan mengajukan Anas, namun belum ditetapkan apakah sebagai cabup atau cawabup," ujarnya saat dihubungi melalui telefon selulernya.*

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015