Seorang nelayan dari Desa Tolinggula Pantai, Kecamatan Tolinggula, Gorontalo Utara, yang hilang di laut hingga Senin petang belum ditemukan.

"Hingga kini, tim pencari gabungan dari Basarnas Provinsi Gorontalo dan SAR Gorontalo Utara, pihak TNI Angkatan Laut, pemerintah kecamatan dan desa serta nelayan di wilayah ini, masih melakukan pencarian nelayan hilang bernama Abas Lakoro," ujar Plh Camat Tolinggula, Marzuki Tome di Gorontalo, Senin.

Abas dinyatakan hilang sejak Sabtu (25/7) saat perahu yang ditumpanginya ditemukan nelayan lain dalam kondisi kosong dengan ikan hasil tangkapan yang membusuk.

Perahu ditemukan sekitar 1 kilometer dari belakang Pulau Tolinggula.

Abas diketahui melaut sendirian dan dinyatakan hilang sekitar pukul 16.00 Wita.Hingga kini, pencarian masih terus dilakukan oleh tim gabungan.

Sempat katanya, Abas ditemukan di wilayah Kecamatan Sumalata pada Minggu (26/7) dini hari, namun ternyata informasi tersebut keliru.

"Kami berharap nelayan Abas segera ditemukan dengan kondisi selamat," ucapnya.

Pemerintah Kecamatan kata Marzuki, terus menyampaikan imbauannya kepada para nelayan di wilayah tersebut, agar tidak melaut saat cuaca ekstrem ataupun tidak melaut sendirian.

Beberapa peristiwa perahu terbalik maupun nelayan hilang, sering terjadi di wilayah pantai barat ini saat cuaca ekstrem.

"Makanya imbauan kepada nelayan untuk memprioritaskan keselamatan terus kami sampaikan," ucapnya.

Ia berharap upaya pencarian yang masih terus dilakukan secepatnya membuahkan hasil.
Upaya pencarian salah seorang nelayan di wilayah perairan Tolinggula-Gorontalo Utara oleh tim gabungan, belum membuahkan hasil. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020