Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo Hadijah U Tayeb menyebut jika pemandu wisata memiliki peran penting dalam mempromosikan pariwisata daerah.

"Majunya satu destinasi wisata adanya peran dari pemandu wisata bisa melaksanakan tugas dengan baik menguasai destinasi wisata yang ada dan segala aktivitas kegiatan," ujarnya pada kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Geopark di Pentadio Resort, Kamis.

Hal tersebut bisa berupa budaya, kuliner hingga produk lokal di daerah yang bisa mempromosikan kemajuan dunia pariwisata Gorontalo.

Hadijah meminta agar para peserta yang terdiri dari 50 pemandu wisata agar mengikuti materi yang diberikan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kemampuan pemanduan wisata kepada wisatawan yang datang berkunjung ke Kabupaten Gorontalo.

"Karena melalui mereka pariwisata Kabupaten Gorontalo bisa maju, pada prinsipnya orang yang datang berwisata mereka menikmati dan bahagia, serta akan berkunjung kembali dan mengajak sanak keluarga untuk berwisata," ungkapnya.

Pelatihan itu sendiri dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pemandu wisata. Untuk mendukung dan meningkatkan kualitas destinasi pariwisata dan daya saing kepariwisataan daerah.

Serta meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas masyarakat lokal dan perluasan kerja di sektor pariwisata khususnya bidang geowisata maupun mendorong eksistensi penyedia layanan sektor penyedia layanan sektor usaha kepariwisataan yang lebih profesional.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020