Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo rencanakan penanaman "Fish Apartemen" atau Rumah Ikan di perairan Kabupaten Boalemo, guna menyambut iven Sail Tomini dan Sail Boalemo September 2015.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana DKP Provinsi Gorontalo Muhidin, menjelaskan, rumah ikan nantinya akan ditinggali ribuan bibit ikan kerapu dan kakap yang telah dipersiapkan.

"Kami memilih ikan kerapu dan kakap karena untuk wilayah Gorontalo mendapatkan ikan kerapu dan kakap sangatlah sulit, sehingganya kami merencanakan membuat rumah ikan tersebut di Kabupaten Boalemo," katanya.

Ada beberapa penyelam yang dipersiapkan DKP untuk membuat rumah ikan tersebut, guna menebar bibit ikan kerapu dan kakap sehingga saat iven Sail Tomini dan Sail Boalemo sudah bisa dinikmati.

Pada iven itu ada banyak kapal peserta akan bersandar di Kabupaten Boalemo dan ratusan penyelam, sehingga akan ada rekor MURI.

"Para penyelam terbanyak itu ikut menebarkan juga ikan kerapu dan kakap, pokoknya ada ratusan penyelam yang akan kami persiapkan dalam iven ini," jelasnya.

Muhidin menambahkan, DKP akan mempersiapkan rencana pembuatan rumah ikan tersebut mulai bulan Mei, adapun persiapan awal yang akan dilakukan berkaitan tentang pemasangan rumah ikan dalam laut, tentunya penyediaan bibit ikan tersebut.

DKP mengharapkan ke depan wilayah perairan Gorontalo memiliki wisata bahari yang tidak kalah dengan daerah lain, seperti di Bunaken Kota Manado, Wakatobi dan Raja Ampat serta daerah lainnya.

"Melalui iven Sail Tomini dan Festival Boalemo, DKP Provinsi Gorontalo berharap wisata bahari dapat menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara, karena lokasi yang cukup bagus seperti di Teluk Tomini ini. 

Pewarta: Sariva Yunus

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015