Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menjadi contoh daerah lain dalam pengelolaan zakat.

"Karena hal tersebut, Baznas Kota Kotamobagu menerima kunjungan studi banding dari para pimpinan/komisioner Baznas Kabupaten Gorontalo," kata Ketua Baznas Kota Kotamobagu Jainudin, di Manado, Ahad.

Dia mengatakan, hal ini sebagai sebuah kehormatan pertama bagi Baznas Kotamobagu, yang Insya Allah lebih memicu semangat pihaknya untuk terus melakukan terobosan dan memberikan kinerja terbaik bagi kemajuan daerah.

“Kami juga tidak boleh merasa puas dengan program yang ada. Lewat dukungan dan kepercayaan Pemkot dan masyarakat Kotamobagu, kami akan terus berupaya memberikan kinerja terbaik buat Baznas,” katanya.

Ketua Baznas Kabupaten Gorontalo H Ismail Onu, mengatakan, tujuan mereka ke Kotamobagu untuk belajar, karena Baznas Kotamobagu merupakan Baznas terbaik di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Kami ingin belajar pengelolaan zakat, infak dan lain-lain serta mengenai pengelolaan laporan keuangan di Baznas Kotamobagu,” ungkap Ismail.

Sementara itu Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Asisten I Teddy Makalalag mengatakan atas nama pemerintah kami mengucapkan selamat datang dan selamat berbagi dengan Baznas Kotamobagu.

"Ini bukan hanya hubungan antar kabupaten tapi antar provinsi, tapi hal ini merupakan hubungan baik dan erat sejak dahulu waktu Gorontalo masih gabung dengan Sulut," katanya.

Terkait dengan Baznas, Pemkot selalu mendukung dan memotivasi, memang Baznas Kotamobagu cukup aktif dalam pengelolaan zakat dan lain-lain seperti ini.

Menurutnya, pekerja Baznas adalah pekerjaan mulia yang akan didapatkan imbalannya kelak nanti.

“Mudah-mudahan kunjungan ini bisa memajukan syiar zakat di kedua daerah. Terimakasih, syukur moanto telah meluangkan waktu di Kotamobagu,” ujar Teddy.

Selain belajar mengenai cara pelaporan dengan sistem SIMBA, para pengurus yang terdiri atas Ketua, Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II, serta Kaur Keuangan dan Pelaporan ini berkesempatan diajak melihat langsung lokasi usaha binaan BAZNAS Kota Kotamobagu, antara lain pengrajin keripik singkong di Kelurahan Molinow dan pembuat kue donat di desa Poyowa Besar.*

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020