Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo menghadirkan 12 UMKM binaan dan mitra kerja pada kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Kepala KPw BI Provinsi Gorontalo, Budi Widihartanto di Gorontalo, Jumat, mengatakan penyelenggaraan KKI 2020 dilakukan secara virtual sebagai penyesuaian terhadap dinamika ekonomi nasional di tengah pandemi dan peradaban baru yang lebih digital.

"UMKM sebagai fokus pengembangan untuk menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru menuju Indonesia Maju. Tema utama KKI Virtual 2020 adalah 'Mendorong UMKM sebagai Kekuatan Baru Perekonomian Nasional di Era Digital'," ujar Budi Widihartanto.

KKI Virtual 2020 tersebut dibuka secara virtual oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Wishnutama Kusubandio.

UMKM binaan dan mitra KPw BI Gorontalo yang turut serta pada kegiatan itu diantaranya Sumber Usaha, Seruni, Serasi, Nirwana, Tiar Handycraft, Alata, Usaha Jaya, Cahaya Bintang Cakrawala, Dahlia, Bilal Mekar Snack, Olamita dan The Wave Roastery.

"Gelaran KKI Virtual 2020 diselenggarakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan peran Bank Indonesia dalam pengembangan UMKM, memperluas akses pasar domestik maupun ekspor dengan memperkenalkan produk UMKM berbasis kain tradisional dan kerajinan," jelasnya.

Melalu kegiatan itu juga BI sebagai katalisator bagi pelaku usaha industri kreatif dalam meningkatkan kualitas produk sesuai tren pasar, sekaligus mendorong peningkatan nilai tambah melalui ekstensifikasi produk kain menjadi pakaian jadi bernilai jual tinggi.

KKI Virtual 2020 menampilkan e-catalogue produk-produk premium dari 377 UMKM di seluruh Indonesia, termasuk 12 UMKM binaan dan mitra Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo.
 
Seorang perancang busana Fery Pomontolo menata pakaian yang dipajang pada kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 di kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) di Kota Gorontalo, Gorontalo, Jumat (28/8/2020). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020