Pemerintah Provinsi Gorontalo menyalurkan bantuan sosial untuk korban banjir bandang dan tanah longsor di Kecamatan Bulawa dan Bone Raya, Kabupaten Bone Bolango, beberapa waktu lalu.

Bansos dari Kementerian Sosial tersebut berupa 1.000 paket dengan nilai Rp195.189.500.

"Bantuan sosial baik dari Kementerian Sosial maupun Pemprov Gorontalo merupakan kewajiban pemerintah untuk membantu korban bencana di Bone Bolango," kata Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim usai menyerahkan bansos secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Bone Bolango di Gorontalo, Rabu.

Sebelumnya, Pemprov Gorontalo menyalurkan bantuan senilai Rp142 juta yang terdiri atas beras lima ton dan perlengkapan yang dibutuhkan korban bencana di daerah itu.

Dinas Sosial Provinsi Gorontalo juga sudah mengajukan permintaan bantuan ke Kementerian Sosial, untuk pemulihan pemukiman di Kecamatan Bulawa dan sekitarnya.

"Seluruh bantuan itu hanya meringankan saja, tetapi yang terpenting adalah langkah antisipasi kita dalam menangani bencana mulai dari hulu hingga hilir yang harus dilakukan secara komprehensif," kata dia.

Idris mendorong bantuan tersebut segera didistribusikan kepada warga yang terkena dampak banjir bandang dan tanah longsor.

Terkait dengan pendistribusian bantuan itu, ia mengingatkan tentang pentingnya memperhatikan keakuratan data sehingga bantuan tepat sasaran.

"Bansos yang diserahkan pemprov hari ini kepada Pemkab Bone Bolango saya minta segera didistribusikan juga hari ini. Pendistribusiannya harus adil sesuai data yang ada sehingga tidak terjadi persoalan di lapangan," kata dia.

Bansos yang diserahkan itu, masing-masing paket berisi beras lima kilogram, minyak goreng satu liter, gula pasir satu kilogram, mi instan lima bungkus, kecap, biskuit, teh celup, dan saus tomat.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020