Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara mendukung penuh Universitas Negeri Gorontalo (UNG) agar bisa terakreditasi A dari pemerintah pusat.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Roni Imran, Senin, usai mengikuti visitasi akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) UNG oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) perguruan tinggi yang diketuai Prof Siswadi dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Wabup mengaku, dukungan pemkab tersebut sangat besar mengingat peran UNG telah berhasil mendorong daerah mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki.

Diantaranya, kerja sama dengan jurusan geologi Fakultas MIPA telah berhasil melakukan penelitian di berbagai wilayah pertambangan.

Bahkan hasilnya menjadi rekomendasi bagi pemkab untuk menghentikan aktivitas penambang emas tanpa izin menggunakan zat berbahaya "mercury" yang sangat mencemari lingkungan.

"Penertiban penambang emas tanpa izin menjadi upaya nyata pemkab dalam melestarikan lingkungan," ujar Wabup.

UNG juga menggagas kerja sama "utara-utara" yang berhasil dibangun antara Pemkab Gorontalo Utara dengan Pemkab Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sulawesi Utara dan Pemkab Buol Sulawesi Tengah, dalam hal pengembangan potensi sumber daya alam dan kawasan ekonomi produktif mengandalkan sumber daya alam yang dimiliki masing-masing daerah.

Bahkan pada akhir bulan Mei ini kata wabup, Pemkab Gorontalo Utara akan menerima bantuan dari Jepang, yaitu mobil ambulans dan pemadam kebakaran seharga Rp1,5 miliar per unit, berkat kerja sama yang dibangun dengan pihak Toyota dan Universitas Ehyme.

"Kerja sama itu terjalin berkat upaya UNG dalam mendukung kemajuan kabupaten ini," kata Wabup.

Ia mengaku sengaja menjadi partisipan pada kegiatan visitasi tersebut. Tidak hanya bertanggung jawab moral sebagai ketua alumni UNG untuk ikut mengembangkan perguruan tinggi ternama di Gorontalo ini.

Sarjana Matematika yang sedang menempuh pendidikan Strata 2 di bidang lingkungan hidup di perguruan tinggi ini berharap, akreditasi yang akan diraih lebih memotivasi pihak rektorat untuk lebih mengembangkan UNG menghasilkan sumber daya manusia tangguh, berkualitas, berdaya saing dan profesional.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015