Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi Gorontalo berencana akan mengaplikasikan sistem otomatis untuk jaringan di perkantoran agar bisa berhemat listrik.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menilai efektivitas penggunaan listrik di kantor kantor pemerintah masih sangat rendah, sehingga membutuhkan perubahan sistem.

" Waktu jam kantor selesai, saya lihat banyak ruangan yang AC-nya masih jalan, lampu dan komputer juga masih nyala. Ini tidak hanya pemborosan tapi menambah krisis listrik saat beban puncak," katanya saat membuka Sosialisasi Hubungan Komersial Dalam Pemakaian Tenaga Listrik, Senin.

Perubahan sistem listrik dari manual ke otomatis akan memungkinkan suatu ruangan padam dengan sendirinya jika tidak lagi digunakan.

" Kalau di hotel hotel kita tahu menggunakan kartu kamar. Kalau kartu itu dicabut maka listrik akan padam. Ada juga lampu yang menggunakan sensor tubuh dan banyak lagi teknologi yang mendukung penghematan listrik. Tahap awal kita akan uji coba di perkantoran pemprov dulu," jelasnya.

Otomatisasi listrik, lanjut kata Gubernur, hanyalah stimulan bagi pegawai untuk langkah penghematan listrik. Menurutnya yang paling penting adalah kesadaran aparatur pemerintahan dan masyarakat dalam melakukan penghematan.

Hal itu juga dapat memberi kesempatan kepada masyarakat lain yang belum memiliki jaringan listrik di rumah.

" Rasio elektrifikasi atau perbandingan jumlah penduduk yang menikmati listrik dengan total jumlah penduduk baru 73 persen. Jika kita bisa berhemat, maka tentu distribusinya bisa lebih merata. Masih banyak saudara saudara kita yang belum tersentuh listrik sementara kapasitas pembangkit kita sangat kurang," imbuhnya.

Rusli optimis krisis listrik Gorontalo bisa segera teratasi dengan adanya pembangunan tiga pembangkit listrik baru. PLTG Paguat dengan kapasitas 2x50 Mega Watt saat ini telah selesai ditender dan ditargetkan rampung tahun 2015. Kelanjutan pembangunan PLTU Anggrek pun sedang dalam proses yang mana mesin 1x25 MW juga dijadwalkan selesai akhir tahun 2015 nanti.

Sedangkan rencana pembangunan PLTU Atinggola 2x100 MW masih dalam tahap perencanaan di tingkat pusat.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015