Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, mengimbau seluruh warga bekerja sama dalam kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana alam di daerah itu.

"Diprakirakan, curah hujan tinggi juga melanda wilayah ini, maka kesiapsiagaan dari seluruh lapisan masyarakat sangat penting, menghadapi cuaca ekstrem," ujarnya, di Gorontalo, Minggu.

Kabupaten tersebut katanya, berada di pesisir pantai sehingga tingkat kerawanan terhadap bencana alam cukup tinggi.

Seluruh pemerintah kecamatan dan desa, diminta intensif menyampaikan imbauan kepada warga, khususnya yang pemukimannya berada di sekitar daerah aliran sungai, maupun di kaki bukit, agar terus waspada.

Ia juga mengimbau upaya-upaya untuk mengurangi potensi bencana seperti menggelar kerja bersama membersihkan lingkungan, termasuk di daerah aliran sungai.

"Jangan sampai ada sampah yang tertumpuk, menyebabkan naiknya debit air sungai atau saluran air saat curah hujan tinggi, menimbulkan genangan ataupun banjir," ungkapnya.

Masyarakat diharapkan senantiasa menerapkan kesiapsiagaan, termasuk memperhatikan kebersihan lingkungan.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk relawan tanggap darurat bencana, juga taruna siaga bencana (taruna), diharapkan ikut memperhatikan situasi wilayah, termasuk melaporkannya ke OPD penanggungjawab, terkait adanya potensi bencana.

"Kita seoptimal mungkin melakukan upaya pencegahan secara bersama-sama, untuk penanggulangan bencana yang sangat tidak diinginkan," ucapnya.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020