Monaco, (ANTARA/Reuters) - Juara dunia Formula 1 Lewis Hamilton menjadi yang tercepat, namun pebalap muda Max Verstappen tampil gemilang pada sesi latihan yang diguyur hujan pada Grand Prix Monaco.    

Hamilton, yang baru meneken kontrak baru berdurasi tiga tahun dengan Mercedes, menjadi yang tercepat pada sirkuit jalanan yang sempit pada pagi yang dingin dan kemudian mencatatkan waktu tercepat di hari itu yakni satu menit 17,192 sebelum hujan membatasi aksi mereka pada sore hari.

Sang pemuncak klasemen, yang mengungguli rekan setimnya sekaligus rival dalam persaingan perebutan gelar Nico Rosberg untuk meraih kemenangan ketiga beruntun di negeri kerajaan Mediterania itu, hanya menyelesaikan 12 putaran setelah makan siang ketika langit mulai cerah.

Jika Hamilton mampu menjaga kecepatan, penampilan awal Verstappen cukup mengejutkan dan tampil impresif.

Pebalap 17 tahun itu, yang merupakan satu-satunya pebalap yang belum pernah membalap di Monaco, terlihat alami ketika ia hanya mencatatkan waktu 0,194 detik lebih lambat untuk tim Toro Rossonya setelah menyelesaikan hampir 42 putaran pada sesi pagi.

Pebalap Belanda itu, yang merupakan putra mantan pebalap Jos, mencatatkan waktu putaran tercepatnya sebelum sesi itu berakhir ketika di mobil di trek dapat meraih cengkraman terbaiknya.

Ia merupakan pebalap tercepat di sore hari pada sesi yang diwarnai bendera merah pada menit ke-14, ketika pebalap Marusia Robert Merhi kehilangan kendali mobilnya saat keluar dari terowongan dan menghantam pembatas metal pada insiden pertama di akhir pekan ini.

Hujan deras memaksa para pebalap tetap berada di garasi-garasi ketika kamera-kamera stasiun televisi berfokus pada burung camar, genangan air, dan para penggemar yang berlindung dari hujan dengan menggunakan payung.

Ketika hujan mereda, dengan sekitar sepuluh menit tersisa, sebagian pebalap kembali melaju namun catatan waktu tercepat tidak berubah.

Rosberg, yang tertinggal 20 angka di belakang Hamilton setelah lima dari 19 balap musim ini, merupakan yang tercepat pada sesi pertama yang dimulai dengan para pebalap menggunakan ban-ban intermediate setelah badai besar sepanjang malam menyapu Riviera.

Ia menjadi yang tercepat kedua di sore hari, 0,740 detik lebih lambat dari Hamilton, di mana pebalap Ferrari Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen menduduki urutan ketiga dan keempat.

Rosberg mengenai pagar pembatas tanpa konsekuensi di Tabac pada pagi hari, dan mobil-mobil lolos dari kecelakaan di Tikungan Ste Devote.    
   
Pebalap Australia Daniel Ricciardo mengakhiri sesi dengan menjadi pebalap ketiga tercepat untuk Red Bull, mengungguli Vettel dan rookie Toro Rosso asal Spanyol Carlos Sainz.

Pebalap Britania Raya Jenson Button absen pada satu jam pertama, ketika para mekanik McLaren memperbaiki mobilnya, namun akhirnya mampu mencatatkan waktu terbaik di peringkat ke-12, di mana rekan setimnya Alonso menghuni urutan ke-11.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015