Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi Gorontalo membantu renovasi pasar Saripi di Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo, setelah sebelumnya diterpa angin puting beliung 2013 lalu, pasar tersebut kondisinya nyaris roboh.

Pasar Saripi sebelumnya dibangun tahun 1990 dan menjadi andalan warga desa setempat untuk transaksi barang dan jasa terutama pertanian.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Jumat mengatakan, inilah untungnya jika pemerintah provinsi dan kabupaten bersinergi, ada komunikasi dan harmonisasi program. Ada pembagian tugas mana yang jadi tanggung jawab bupati dan mana yang jadi tanggungjawab gubernur.

"Pemerintah Kabupaten Boalemo sudah ambil bagian untuk renovasi pasar skala besar dengan nilai miliaran, nah tugas saya memperhatikan apa yang terlewatkan pemerintah kabupaten setempat," ujarnya.

Sejak diterpa angin puting beliung September 2013 lalu, pasar tersebut kondisinya nyaris roboh, kemudian pasar yang buka setiap sore itu selanjutnya diusulkan ke pemerintah provinsi untuk direnovasi.

Pembangunan pasar yang akan memakan biaya Rp50 juta diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pedagang dengan maksimal.

Ia juga beharap sebagai sumber mata pencaharian warga, pasar tersebut akan selalu terawat terutama dalam kebersihan lingkungan.

"Sampahnya dibersihkan sendiri supaya pedagang dan pembeli nyaman bertransaksi di sini. Meskipun ini hanya pasar, tapi kebersihan akan menarik pembeli lebih banyak," tambahnya.

Pembangunan Pasar Saripi dikerjakan dengan sistim gotong royong. Dana dari Pemprov Gorontalo diberikan kepada kelompok masyarakat di desa setempat, selanjutnya dikerjakan secara bersama sama.

Selain meresmikan pasar, pemprov juga menggelar operasi pasar murah, pelayanan kesehatan gratis serta penyerahan bantuan ternak dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015