Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, sementara menyiapkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Tataran Transportasi Lokal (Tatralok).

"Tim teknis dan Dinas Perhubungan daerah ini, sementara melakukan percepatan pelaksanaan pekerjaan Perbup Tatralok, sebagai bagian penting dalam upaya mengatur pelayanan transportasi daerah ini, serta penguatan infrastruktur yang diperlukan," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, di Gorontalo, Jumat, pada pertemuan penyusunan rancangan Perbup tersebut, di salah satu restoran di Kota Gorontalo.

Perbup ini sementara disiapkan katanya, namun tidak menutup kemungkinan akan ditindaklanjuti dengan penyusunan rancangan peraturan daerah.

Mengingat penataan transportasi di daerah ini, memerlukan regulasi yang kuat, dalam upaya menata transportasi secara menyeluruh, termasuk infrastruktur dan sumber-sumber pendapatan asli daerah (PAD) di sektor perhubungan, baik darat, sungai maupun laut.

"Yaitu transportasi publik, penyeberangan serta pariwisata," ujarnya.

Tatralok ucap Ridwan, merupakan sebuah sistem transportasi yang terintegrasi dan harus konsisten serta terorganisir.

Hal itu penting diatur sedini mungkin, mengingat kabupaten ini merupakan perlintasan Sulawesi, serta beberapa wilayahnya merupakan kepulauan.

Sehingga pemerintah daerah harus menyiapkan regulasi dalam penataan maupun implementasi tatanan sistem transportasi yang terintegrasi dengan baik.

"Tidak hanya untuk memudahkan jasa transportasi publik, namun seluruh jenis transportasi yang ada perlu diatur agar berdampak pada peningkatan layanan juga  PAD," ungkapnya.

Apalagi kabupaten ini memiliki potensi kuat akan lebih maju dari daerah lain di Provinsi Gorontalo.

Mmaka perlu memperhitungkan kemajuan daerah dengan penyediaan infrastruktur dan transportasi memadai.*** 
Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, bersama tim teknis dan Dinas Perhubungan dalam penyusunan Perbup Tatralok. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020