Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meminta pemerintah kabupaten (pemkab) setempat, fokus meningkatkan produksi pangan untuk menjaga ketahanan pangan daerah dan nasional.

"Pemkab wajib menaruh perhatian penuh terhadap ketahanan pangan di daerah ini, melalui upaya peningkatan sarana dan prasarana di sektor pertanian dan sektor unggulan lainnya," ujar ketua DPRD Gorontalo Utara, Djafar Ismail, di Gorontalo, Jumat.

DPRD pun katanya, akan fokus mengawasi dan mengawal program-program yang akan memperkuat ketahanan pangan daerah dan nasional, baik di sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan.

Mengingat pangan tidak sekadar dihasilkan dari sektor pertanian, namun menjangkau pangan asal ikan, pangan asal hewan dan beberapa sektor produktif yang menjamin ketersediaan, kemudahan akses dan kecukupan pangan hingga mencapai surplus pangan.

"Tahun 2021, pemerintah kabupaten harus berupaya meningkatkan program-program yang akan mendorong pencapaian target produksi pangan, khususnya komoditas unggulan dan andalan, baik padi, jagung, ikan hingga daging sapi," ungkapnya.

Di masa pandemi ini, daerah perlu memikirkan ketahanan pangan untuk kepentingan jangka panjang.

"Kita harus optimistis mampu meningkatkan produksi pangan di tengah pandemi ini," ujarnya.

Seluruh organisasi perangkat daerah harus saling mendukung dan bergotong royong menjalankan program-program yang akan meningkatkan produksi pangan daerah.

"Tinggalkan ego sekadar mencapai target capaian program dan kegiatan masing-masing perangkat daerah, namun harus mampu bergotong royong dalam upaya meningkatkan kemajuan daerah melalui pertumbuhan ekonomi dan capaian produksi pangan untuk ketahanan pangan daerah dan nasional khususnya di masa pandemi COVID-19," pungkasnya. ***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020