Korem 133/Nani Wartabone Gorontalo mendukung Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal 2020 yang digelar Pemerintah Provinsi Gorontalo di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo.

Kepala Seksi Teritorial Korem 133/NW Kolonel Inf Marthen Pasunda di Gorontalo, Sabtu, mengatakan diversifikasi pangan merupakan upaya untuk mendorong masyarakat agar memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu jenis saja.

"Diversifikasi konsumsi pangan diartikan sebagai pengurangan konsumsi beras yang dikompensasi oleh penambahan konsumsi bahan pangan nonberas," ungkap Kolonel Marthen.

Ia menjelaskan melalui gerakan diversifikasi diharapkan pangan lokal memiliki daya saing dan tidak hanya sebatas pangan untuk dikonsumsi saja tetapi ada nilai lebih di dalamnya.

"Langkah strategis diversifikasi pangan mencakup aspek produksi, pascapanen, stok dan pengolahan, hingga pemasaran dan pemanfaatan," tutur Kasiter.

Menurut dia, tujuan diselenggarakannya gerakan Diversifikasi Pangan Lokal untuk mendorong penerapan konsumsi pangan beragam seimbang dan aman, dengan memanfaatkan olahan pangan lokal karbohidrat nonberas, serta mendorong cinta olahan pangan lokal yang bernilai komersial.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020