Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, melakukan uji coba satu unit kapal pelayaran rakyat bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Kami sangat bersyukur mendapatkan bantuan kapal berkekuatan 35 Gross Ton (GT) ini dan setelah dilakukan penyerahannya, kapal pelayaran rakyat yang dinamai Banawa Nusantara 86 ini direncanakan segera beroperasi secara resmi," ujar Bupati Indra Yasin, di Gorontalo, Rabu.

Pemerintah kabupaten  langsung melakukan uji coba kapal bantuan yang terbuat dari perpaduan material kayu dan fiber tersebut.

Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pun ikut menumpang di kapal berkapasitas penumpang 24 orang dan 20 ton muatan barang, saat uji coba dilakukan.

Rencananya, kapal tersebut akan melayani keperluan transportasi masyarakat untuk antar pulau atau dari rute pelabuhan Kwandang ke pulau-pulau berpenghuni.

Seperti dari Kwandang ke Ponelo Kepulauan, Kwandang ke pulau Dudepo di Kecamatan Anggrek.

Termasuk rencananya akan melayani rute Kwandang-Tolinggula.

"Dinas Perhubungan yang akan mengatur rute-rute pelayaran kapal ini, dalam upaya memenuhi dan meningkatkan pelayanan publik di sektor transportasi kelautan untuk kepentingan rakyat antar pulau di daerah ini," ungkapnya.

Pemeliharaan kapal akan dimaksimalkan, mengingat pentingnya bantuan tersebut untuk keperluan jangka panjang.

"Semoga, tahun depan kita kembali mendapatkan bantuan kapal pelayaran rakyat yang sangat diharapkan masyarakat," tandasnya.***
Bupati Indra Yasin, bersama unsur Forkopimda, diantaranya Dandim 1314 dan Kapolres Gorontalo Utara, menumpang kapal pelayaran rakyat bantuan Kemenhub RI, pada uji coba yang dilakukan. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020