Polda Gorontalo menggelar simulasi Tactical Floor Game (TFG) sistem pengamanan kota (Sispamkota) Pilkada serentak tahun 2020 di aula Titinepo, Mapolda Gorontalo, Kabupaten Gorontalo.

Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Akhmad Wiyagus di Gorontalo, Kamis, mengatakan kegiatan itu dilakukan jelang pilkada di tiga daerah yang ada di Gorontalo.

Ia menjelaskan, sebagai wujud dari sebuah pesta demokrasi, agenda tersebut tentunya memiliki karakteristik potensi kerawanan yang khas dan sangat rentan terhadap timbulnya konflik sosial.

"Konflik yang muncul tersebut biasanya dipicu oleh adanya berita bohong terkait prilaku pasangan calon yang diunggah melalui media sosial oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dan pada akhirnya menimbulkan kesalahpahaman dan ketegangan antar kubu pasangan calon," ucapnya.

Menurutnya, seringkali juga muncul ketidakpuasan dari oknum pasangan calon dan pendukungnya terhadap keputusan penyelenggara pemilu terkait pelanggaran pemilu maupun terhadap hasil akhir dari pelaksanaan pemilu.

"Oleh karena itu, ketidakpuasan inilah yang menjadi perhatian kita bersama, karena biasanya aksi ini selain dilakukan di kantor penyelenggara pemilu aksi juga dilakukan di kantor-kantor pemerintahan maupun keramaian," katanya.

Sehingga hal tersebut dapat mengganggu aktivitas masyarakat dan mengganggu ketertiban umum bahkan aksi yang dilakukan dapat berujung kepada aksi anarkis.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020