Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, membangun kerja sama di sektor perikanan.

"Tiga hal yang akan kami kerjasamakan, namun sektor perikanan akan mendominasi mengingat dua daerah ini sama-sama memiliki potensi perikanan yang sangat besar," kata Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, di Gorontalo, Jumat.

Keinginan membangun kerja sama tersebut diungkapnya usai menerima kunjungan studi komparasi Pemkot Bitung, diterima di ruang Tinepo kantor bupati setempat.

Thariq mengatakan tiga poin kerja sama yang akan ditindaklanjuti yaitu, di bidang kelautan dan perikanan, bidang sosial dan Pemkot Bitung yang akan menjadi anggota Badan Kerja Sama Utara Utara (BKSU).

Kerja sama di bidang kelautan  sangat penting, mengingat dua daerah ini memiliki potensi yang sangat besar karena sama-sama berada di wilayah pesisir utara dengan karakter daerah yang sama.

Apalagi Kota Bitung memiliki pelabuhan penghubung internasional sehingga kerja sama tersebut akan sangat menguntungkan.

Keberadaan Kota Bitung yang memiliki kawasan ekonomi terpadu pun diyakini memudahkan pengelolaan potensi perikanan yang dimiliki.

Sementara untuk kerja sama di bidang sosial katanya, kedua daerah diharapkan memiliki kesepahaman dalam rangka penanganan masalah sosial.

"Kita mengutamakan langkah antisipatif untuk memudahkan pencegahan persoalan-persoalan sosial yang rawan mencuat," katanya.

Terkait akan masuknya Bitung dalam keanggotaan BKSU, akan diupayakan mengingat membangun sinergitas dengan daerah yang memiliki pelabuhan berkelas internasional sangat menguntungkan dalam rangka distribusi potensi yang dimiliki.
Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, menerima kunjungan studi komparatif Pemkot Bitung. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020