Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo mendorong pembangunan kemandirian desa melalui program pemberdayaan.

"Saya akan kurangi bantuan-bantuan, karena itu membuat masyarakat makin tergantung kepada pemerintah," ujar Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Rabu.

Ia mengatakan warga Bone Bolango saat ini kurang lebih 165 ribu jiwa. Setelah dikumpulkan datanya, ada sekitar 99 ribu jiwa warga Bone Bolango pernah menerima bantuan berbagai program dari pemerintah kabupaten.

"Sementara kolerasi dengan penurunan orang miskin yang terus digaung-gaungkan itu tidak begitu mengesankan. Walaupun pada faktanya Bone Bolango memiliki angka kemiskinan terendah di antara kabupaten-kabupaten di Provinsi Gorontalo, tapi masih di atas rata-rata nasional," ungkapnya.

Tentunya, menurut Hamim, beberapa hal itu akan menjadi modal agar tahun depan Kabupaten Bone Bolango dapat masuk kategori kabupaten maju, karena Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berada di ada angka 70.

Hamim mengungkapkan Bone Bolango selama 2012-2013 tidak lagi menjadi kabupaten tertinggal, makanya banyak dana-dana untuk kabupaten tertinggal, Bone Bolango tidak mendapatkannya karena sudah keluar dari kategori kabupaten tertinggal.

"Kita juga patut bersyukur banyak sekali desa-desa yang bergeser dari desa berkembang menjadi desa maju. Bahkan di Gorontalo dari dua desa mandiri salah satunya ada di Bone Bolango, yakni Desa Talulobutu, Kecamatan Tapa," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020