Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menggagas pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata di daerah tersebut.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Bone Bolango Basir Noho, di Gorontalo, Selasa, mengatakan pembangunan SMK itu untuk mendukung pengembangan wisata berkelanjutan.

"Dengan hadirnya SMK Pariwisata di Bone Bolango, diharapkan akan mampu melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dengan keahlian khusus di bidang wisata," ujarnya.

Selain itu, diharapkan akan dapat memunculkan ekonomi kreatif di kawasan pariwisata.

"Apalagi berbicara pariwisata hampir semua sudut wilayah dan desa yang ada di Bone Bolango ada potensi wisata. Sehingga kedepan ini yang akan kita terus genjot agar potensi wisata di Bone Bolango akan berkelanjutan," ungkap Basir Noho.

Selain untuk sektor pariwisata, ia juga mengatakan jika pihaknya saat ini tengah membahas isu strategis dalam pengembangan ekonomi daerah dan rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) daerah Kabupaten Bone Bolango.

Dimana pengembangan KEK ini, kata Basir Noho, dititikberatkan di dalam rangka mempercepat pembangunan sektor ekonomi di Kabupaten Bone Bolango.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020