Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara akan membuka  sekolah dan memberlakukan belajar tatap muka mulai 11 Januari 2021.

"Tahapan pelaksanaan pembelajaran akan dimulai 11 Januari 2021, uji cobanya akan berlangsung selama dua bulan," kata Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, di Gorontalo, Senin.

Ia mengatakan, uji coba pembelajaran tatap muka hingga Februari 2021 tersebut berlaku mulai jenjang pendidikan TK/PAUD, SD, SMP, dan sederajat dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Sekolah wajib menyediakan fasilitas pendukung penerapan prokes termasuk para siswa dan guru wajib memakai masker.

"Jika kegiatan ini lancar tanpa ditemukan kasus baru positif COVID-19, maka daerah ini segera menerapkan era kebiasaan baru belajar tatap muka di sekolah di masa pandemi COVID-19," katanya.

Jika ditemukan kasus baru, tatap muka akan kembali dihentikan.

Terkait penerapan tatap muka mulai 11 Januari tersebut, pemkab sementara menunggu petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat atau Kementerian Pendidikan.

Terkait waktu pelaksanaannya apakah masih menerapkan tatap muka selama 4 jam dengan persentase kehadiran siswa sebanyak 50 persen ataukah akan ada juknis baru.

"Kami segera mengumumkannya," kata bupati.

Sementara itu, kepala Dinas Pendidikan setempat, Irwan Abudi Usman mengatakan, telah ada surat edaran terkait pelaksanaan pembelajaran semester genap tahun pembelajaran 2020/2021.

Rumusannya yaitu, pada tanggal 4-5 Januari 2021 persiapan satuan pendidikan dalam pemenuhan sarana prokes sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Disusul dengan 'workshop' penyusunan program pembelajaran bagi sekolah percontohan 'piloting' pada 6-7 Januari 2021.

Kemudian pada 8 Januari 2021, akan ada penyampaian informasi pembelajaran tatap muka kepada orang tua siswa, dan 11 Januari 2021 mulai efektif pembelajaran tatap muka.

Namun katanya, seluruh ketentuan dalam surat edaran tersebut sewaktu-waktu dapat berubah berdasarkan status kondisi penyebaran COVID-19.
Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara, Irwan Abudi Usman. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021