Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, memperketat penerapan protokol kesehatan (prokes) di tempat wisata Pantai Minanga, Atinggola.

"Pascaviral 8 ribu pengunjung di akhir pekan lalu, serta masih berprosesnya penyelidikan polisi terkait dugaan pelanggaran prokes, lokasi wisata itu masih ditutup sementara," kata Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin di Gorontalo, Kamis.

Namun menurutnya, penutupan itu sementara ditindaklanjuti dengan penyusunan standar operasional prosedur (SOP) yang akan diterapkan saat objek wisata itu dibuka lagi.

"Pemkab sementara menyusun SOP, agar kunjungan wisatawan ke Pantai Minanga benar-benar menaati prokes pencegahan COVID-19," katanya.

"Pengelola dan pengunjung harus sama-sama menerapkan prokes," katanya lagi.

Masih katanya, pada akhir pekan ini direncanakan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie akan melakukan kunjungan kerja di Pantai Minanga.

Namun objek wisata itu belum akan dibuka untuk umum, sebab Gubernur hanya akan menyerahkan bantuan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Sekaligus menyerahkan beberapa aset pemerintah provinsi kepada pemkab, diantaranya 5 unit fasilitas penginapan "cottage".

Penerima bantuan pun dibatasi atau tidak lebih dari 20 orang.

Gubernur pun akan melakukan diskusi terbatas terkait mencari solusi terhadap permasalahan terkait pembukaan tempat-tempat wisata di daerah ini di masa pandemi COVID-19.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021