Otoritas Bandara Sam Ratulangi (Samrat) menyambut baik pembukaan rute baru dari maskapai Citilink yakni Manado-Balikpapan-Padang.

"Kami sangat mengapresiasi maskapai yang membuka rute baru dari dan menuju Manado di tengah pandemi COVID-19," kata GM Bandara Samrat Minggus Gandeguai, di Manado, Kamis.

Pihaknya berharap pembukaan rute baru di tahun 2021 ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulut.

Rute Manado-Balikpapan-Padang ini merupakan rute baru kedua yang dibuka di awal tahun 2021 ini. Sebelumnya, Lion Air membuka rute Manado-Timika pada 11 Januari. Lion Air juga telah membuka kembali penerbangan Manado-Sorong-Jayapura sejak Desember 2020 lalu.

Begitu juga dengan Sriwijaya Air yang membuka kembali penerbangan Jakarta-Manado-Sorong serta Manado-Ternate.

Minggus mengatakan, dibukanya rute penerbangan baru dari Manado menandakan penerbangan mulai pulih di saat pandemi COVID-19.

“Penerbangan memang berangsur pulih, jumlah penumpang di Bandara Sam Ratulangi Manado saat ini baru mencapai 40 persen dibandingkan dengan tahun 2019 sebelum pandemi COVID-19,” kata Minggus.

Stakeholder Relations Bandara Sam Ratulangi Manado Yanti Pramono mengatakan rute Manado-Balikpapan-Padang ini akan dilayani Citilink tiga kali seminggu, yakni setiap hari Rabu, Jumat dan Minggu.

Pembukaan rute baru ini menurut Yanti tidak dilakukan seremoni.

“Untuk penerbangan perdana ini tidak dilakukan seremoni, karena pihak Citilink juga ikut berduka atas kejadian yang menimpa Sriwijaya Air. Pihak Citilink hanya melakukan doa bersama atas pembukaan rute ini,” ujar Yanti.
 

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021