Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo Ishak Ntoma menyebut Rp30 miliar dana bantuan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akan dimanfaatkan untuk pengembangan ekowisata.

"Dana bantuan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp200 miliar untuk Bone Bolango. Sebesar Rp30 miliar di antaranya akan disisihkan dan dialokasikan untuk menata dan membangun, serta mengembangkan ekowisata," ujarnya di Gorontalo, Rabu.

Ia menjelaskan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencantumkannya ekowisata sebagai wisata minat khusus.

Namun dalam pengembangan tempat destinasi wisata yang akan didorong menjadi ekowisata ini, kata Ishak Ntoma, Pemerintah Daerah masih terkendala dengan kekurangan sumber daya manusia (SDM), khususnya dalam bidang pariwisata.

Oleh karena itu, lanjut dia, Pemkab Bone Bolango sangat berterima kasih kepada Yayasan dan Universitas Bina Mandiri (UBM) Gorontalo yang tahun ini membuka SMK Kejuruan, yakni SMK Bina Mandiri Bone Bolango yang salah satu program studi (Prodi) kejuruannya adalah pariwisata.

"Pemerintah Kabupaten Bone Bolango berkomitmen untuk mempercepat dan mendorong terwujudnya pembangunan dan pengembangan ekowisata di Bone Bolango dengan melibatkan dunia pendidikan dan dunia usaha," katanya.

Ia menambahkan jika Pemerintah Kabupaten Bone Bolango mencoba untuk menseriusi mewujudkan ekowisata ini dengan dasar, yang pertama Bone Bolango menjadi tempat wisata atau tujuan destinasi di Provinsi Gorontalo dengan slogan One Visit Seven Destination, yakni satu kali kunjungan tujuh tempat wisata yang bisa didatangi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021