Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bone Bolango, dr Meyrin Kadir menyebut Puskesmas Suwawa Selatan siap meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat seiring peresmian bangunan baru.

"Saya pun berharap dengan dibangunnya gedung Puskesmas Suwawa Selatan yang baru, semua masyarakat yang berada di wilayah itu dan sekitarnya dapat dilayani dengan baik," ujarnya di Gorontalo, Senin.

Meyrin menambahkan ketersediaan SDM yang ada di Puskesmas Suwawa Selatan berjumlah 40 orang, terdiri dari 20 PNS, 19 tenaga kontrak, dan satu orang tenaga kesehatan dari program Nusantara Sehat.

"Untuk jenis tenaganya meliputi satu orang dokter umum, sembilan perawat, 11 bidan, satu apoteker, enam SKM, dua tenaga gizi, dan tenaga administrasi, sopir, serta cleaning service masing-masing satu orang," ungkap dr. Meyrin.

Sementara untuk fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia di Puskesmas Suwawa Selatan, sebut Meyrin, yakni tersedia satu unit rumah untuk tenaga medis, satu unit mobil Puskesmas Keliling, satu unit mobil ambulance,.

Satu buah genset, satu unit motor dinas, sumur suntik, dan peralatan lainnya seperti komputer, laptop, alat kesehatan, serta nebulizer.

Sebelumnya, Bupati Bone Bolango Provinsi Gorontalo Hamim Pou menyebutkan pihaknya akan menambah anggaran setiap Puskesmas dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah itu.

"Kami terus berupaya dan berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dasar dengan menambah dan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai pada fasilitas kesehatan yang ada, seperti halnya di Puskesmas," ujarnya.

Ia menjelaskan jika ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai di setiap Puskesmas, tentu memberikan jaminan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat.

Oleh karena itu, pada tahun 2021 ini Pemerintah Kabupaten Bone Bolango akan melakukan penambahan anggaran untuk semua Puskesmas yang ada.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021