Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo akan segera mengubah sejumlah pasar mingguan menjadi harian, untuk berjualan kebutuhan pokok masyarakat.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Minggu, mengatakan saat ini pemerintah Kota Gorontalo sedang menambah bangunan sejumlah pasar, yang biasanya hanya beroperasi setiap minggu menjadi pasar harian.

Jika pasar beroperasi atau pun beaktivitas setiap hari, maka tentunya perekonomian akan lebih cepat berputar, dengan demikian akan meningatkan perekonomian pedagang maupun masyarakat di sekitarnya, menurutnya.

"Saya bertekad untuk beberapa tahun ke depan tidak ada lagi pasar mingguan di Kota Gorontalo, bahkan jika perlu akan jadi pasar modern," Kata Marten, saat melakukan peletakan batu pertama untuk menambah bangunan pasar di salah satu kecamatan di wilayah tersebut.

Marten mengakui,memang ada sejumlah pasar yang saat ini belum layak menjadi pasar harian, tetapi dengan adanya kebijakan Pemerintah daerah untuk menambah sarana dan prasarana, tempat untuk berjualan maka tentunya akan dijadikan pasar harian.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Gorontalo Irwan Hamzah mengatakan, bahwa untuk tahun anggaran 2015 ini, beberapa pasar mingguan sedang dalam tahap renovasi dan penambahan bangunan untuk berjualan.

"Saat ini ada sejumlah pasar yang sedang direnovasi, dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya pedagang," Kata Irwan.

Menurut dia, jika pasar dikelola dengan baik dan disesuaikan dengan keinginan pedagang dan masyarakat, maka perkembangannya akan semakin meningkat yang tentunya menambah daya beli dan daya jual pedagang.

Dia menjelaskan, dalam memperluas areal pasar, pihaknya selalu bekerja sama dengan masyarakat di sekitarnya, terutama untuk pembebasan areal lahan atau pun tanah yang akan digunakan.

"Sudah beberapa pasar yang saat ini sedang direnovasi dan ditambah bangunannya, masyarakat sangat respon dan bersedia untuk menyerahkan tanahnya," Kata Irwan.

Pewarta: M.F.Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015