Sekitar 53 persen dari total 1.029 tenaga kesehatan di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, telah mendapat suntikan vaksin COVID-19.

"Ini capaian membanggakan. Menambah imun alias semangat kami dalam mencapai target di atas 70 persen realisasi vaksinasi COVID-19 di provinsi ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Yana Yanti Suleman di Gorontalo, Senin.

Ia mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, khususnya Dinas Kesehatan, dalam melaksanakan vaksinasi COVID-19.

"Lebih khusus Pak Bupati, yang telah mendorong tenaga kesehatan di daerah ini untuk siap divaksin," katanya.

Capaian pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Gorontalo Utara, menurut dia, sama dengan tiga kabupaten dan kota yang melaksanakan vaksinasi 14 hari lebih awal.

"Saya yakin capaian vaksinasi COVID-19 di kabupaten ini mampu menembus angka di atas 70 persen meski aksesnya tergolong sulit mengingat beberapa wilayah sangat jauh dari pusat kabupaten, juga berada di kepulauan," katanya.

"Semoga capaian di kabupaten ini ikut mendongkrak realisasi di tingkat provinsi untuk melebihi capaian di atas 80 persen," ia menambahkan.

Yana meminta pemerintah kabupaten menggencarkan sosialisasi mengenai vaksinasi COVID-19.

"Vaskin berkhasiat, aman, dan halal. Vaksin pun menjadi ikhtiar memutus rantai penyebaran COVID-19," katanya.

Dia juga mengingatkan pemerintah kabupaten untuk menyiapkan genset supaya persediaan vaksin COVID-19 tetap terjaga saat listrik padam.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengatakan bahwa pemerintah kabupaten sudah menyiapkan genset di seluruh puskesmas dan tempat penyimpanan vaksin.
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021