Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin menjamin penyediaan data oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mendukung proses pemeriksaan keuangan yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di daerah itu.

"Pemkab menjamin kemudahan akses data bagi pihak BPK dalam proses pemeriksaan keuangan di daerah ini," katanya di Gorontalo, Kamis.

Hal itu dikatakan Indra Yasin pada pertemuan silaturahim bersama Kepala BPK Provinsi Gorontalo Dwi Sabardiana di ruang kerja bupati.

Pemeriksaan yang akan dilakukan secara bertahap tersebut, kata dia, diharapkan hasilnya mampu melahirkan sebuah opini terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah.

"Kami telah berhasil mempertahankan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) sebanyak lima kali dalam pengelolaan keuangan pada tahun-tahun anggaran sebelumnya. Untuk pemeriksaan dalam pengelolaan keuangan pada Tahun Anggaran 2020 diharapkan tetap meraih predikat terbaik," ujarnya.

Menurut dia, penyajian data untuk kepentingan dan kemudahan proses pemeriksaan perlu dipersiapkan dengan baik oleh seluruh OPD.

"Meski menjadi agenda rutin oleh pihak BPK, namun dalam hal pertanggungjawaban pengelolaan keuangan harus tersaji dengan baik dan optimal," katanya.

Pemerintah daerah, kata bupati, terus melakukan penyempurnaan dalam pengelolaan keuangan daerah yang tepat kelola, akuntabel, transparan dan tepat manfaat di setiap satu rupiahnya.

Pemeriksaan keuangan, menurut dia, tidak hanya pada soal pertanggungjawaban, namun juga mencakup upaya perbaikan pengelolaan keuangan khususnya di daerah ini.

"Oleh karena itu, dukungan data sangat penting dipersiapkan seluruh OPD untuk kelancaran pemeriksaan tersebut," katanya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021