Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin membuka pelatihan pembuatan perahu fiber, yang akan melatih 20 orang perajin perahu kayu untuk alih teknologi membuat perahu fiber.

Sektor perikanan kata dia, di Gorontalo, Senin, menjadi tumpuan dan harapan ke depan dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) untuk kemajuan daerah.

"Kita punya garis pantai sepanjang 317 kilo meter dan 78 desa pesisir dari 123 desa di 11 kecamatan. Maka Tahun Anggaran 2021, pemkab melalui Dinas Kelautan dan Perikanan membuat program pelatihan pembuatan perahu fiber untuk menjawab tantangan sumber daya alam perikanan tangkap yang dimiliki," katanya.

Disamping itu, dengan mengganti seluruh perahu kayu menjadi perahu fiber diharapkan mampu menekan angka kecelakaan nelayan saat melaut.

Mengingat perahu fiber teruji lebih aman menghadapi cuaca ekstrem.

"Saya pun meminta, setiap desa untuk memprogramkan satu desa satu perahu fìber, dalam upaya meningkatkan produksi perikanan tangkap. Agar pelatihan ini sinergi dengan keperluan pembuatan perahu fiber mengandalkan sumber daya perajin yang telah dilatih," ujarnya.

Maka itu, ia mengimbau agar seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik, menyerap ilmu dan nanti bisa membuka lapangan pekerjaan pembuatan perahu fiber.

Satu kekurangan yang dihadapi kabupaten ini kata Indra, belum adanya galangan kapal yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan dan perawatan perahu.

"Semoga ke depan kita memiliki satu galangan kapal yang memadai," ucapnya.

Sementara itu, kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gorontalo Utara, Isjrak mengatakan, sebanyak 20 orang perajin perahu kayu dilatih membuat perahu fiber di galangan kapal Kota Gorontalo.

Pihaknya mendatangkan instruktur dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Bitung, untuk melatih para peserta selama seminggu.

Perahu fiber tambahnya, diharapkan menjadi alternatif yang dapat digunakan nelayan tangkap untuk mendukung aktivitasnya. Perajin maupun masyarakat luas pun dirangsang untuk berminat dan memiliki perahu fiber.**
Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin membuka pelatihan pembuatan perahu fiber digelar Dinas Kelautan dan Perikanan di aula Pelabuhan Perikanan Nusantara Kwandang. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021