Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meluncurkan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SimASN) di aula rumah dinas gubernur, Selasa.

Aplikasi SimASN generasi keempat versi 1.0 dikembangkan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Gorontalo, untuk mempermudah informasi dan berbagai layanan kepegawaian.

“Pada hari ini saya Gubernur Gorontalo melaunching Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara. Semoga dapat membantu kita semua, khususnya para ASN,” katanya gubernur didampingi.

Rusli menilai urusan kepegawaian sulit jika tidak dibantu dengan sistem informasi berbasis data yang terintegrasi.

SimASN diharapkan bisa memangkas waktu dan mempermudah urusan kepegawaian.

“Memang urusan kepegawaian ini sangat ruwet. Apalagi kalau mengurus kenaikan pangkat, pensiun dan lain-lain. Alhamdulillah sekarang sudah pakai sistem. Sehingga tidak ada yang datang mengurus, bahkan jauh-jauh hari sudah ada peringatan ke masing-masing ASN lewat HP,” imbuhnya.

Kepala BKD Provinsi Gorontalo Zukri Surotinojo menjelaskan, SimASN merupakan pengembangan dari Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg).

Keunggulan dari aplikasi ini, yakni terintegrasi dengan aplikasi lainnya milik BKN dan OPD lain yang berbasis data pegawai.

“Tujuannya terjadi pertukaran data antar aplikasi yang melewati pintu masing-masing secara khusus agar tidak terjadi kekacauan data dalam menyimpan dan mengolah data setiap harinya,” ujarnya.

SimASN digunakan untuk layanan kepegawaian seperti pengurusan kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pensiun maupun layanan lainnya.

Untuk saat ini SimASN baru bisa diakses di bkd.gorontaloprov.go.id, sebelum aplikasinya siap untuk diunduh di playstore atau appstore di gawai masing-masing ASN.*

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021