Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya), dinilai mampu meningkatkan angka partisipasi masyarakat di setiap desa.

Staf Ahli Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Kabupaten (pemkab) Gorontalo Utara, Molly Ahmad, Minggu, pada kegiatan penilaian lomba desa tingkat Provinsi Gorontalo di Desa Monas Kecamatan Monano, mengatakan, pastisipasi masyarakat sangat signifikan dalam mendukung program pembangunan daerah.

Terbukti, peran Posdaya ternyata mampu mendorong pemanfaatan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diantaranya meningkatkan perekonomian keluarga melalui keterampilan dan kerajinan tangan melalui pemanfaatan sumber daya alam yang tersedia.

Seperti pembudidayaan rumput laut dan kerajinan kerang di Desa Monas.

Program Posdaya telah berjalan efektif di daerah itu, yang diperluas melalui kinerja di sektor unggulan, diantaranya, pendidikan, kesehatan, kebersihan dan berbagai sektor lainnya.

Tenaga pendamping yang digerakkan melalui tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) hingga di tingkat dasa wisma, juga bertanggungjawab melakukan pembinaan ketrampilan masyarakat sesuai potensi wilayah yang dimiliki.

Ditambah dengan program yang memfokuskan peningkatan peran wanita menuju keluarga sejahtera, serta menerapkan budaya bersih untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Pemkab pun akan terus melaksanakan program pelatihan kepada para penggerak PKK di tingkat desa dan dusun untuk memaksimalkan program Posdaya.

Pewarta: Oleh Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013