Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango mendukung sepenuhnya program Bangga Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Program itu menyasar pembinaan generasi muda melalui Pusat Informasi dan Konseling (PIK-R) dan GenRe yang merupakan wadah penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja," ujar Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli di Gorontalo, Jumat.

Program Bangga Kencana itu, kata Merlan Uloli diawali dengan pendataan keluarga, agar Pemkab Bone Bolango mengetahui secara jelas sasaran yang harus diintervensi dengan program dan kegiatan-kegiatan yang produktif bagi generasi muda.

"Sehingga seiring Indonesia emas tahun 2045, maka Bone Bolango dengan program Bone Bolango 'Cemerlang' telah menyiapkan keluarga muda yang produktif, sehat, berkualitas melalui program pemberian bantuan sarana usaha bagi generasi muda berupa bantuan peralatan perbengkelan, kuriner, barbershop, peternakan, hidroponik dan kegiatan pembinaan lainnya," jelasnya.

Oleh karena itu, Wabup Merlan membuka pintu selebar-lebarnya kepada BKKBN Pusat dan Perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo untuk melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pemkab Bone Bolango.

"Kami telah menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terutama DPPKBP3A Bone Bolango beserta seluruh jajarannya sampai ke desa untuk terus melakukan pendampingan dan pemberdayaan kepada keluarga dan generasi muda," ungkapnya.

Karena kelompok sasaran utama binaan, lanjut Merlan, adalah keluarga dan generasi muda, agar mereka dirubah menjadi keluarga-keluarga muda yang produktif, sehingga metode komunikasi pembinaannya juga harus berubah melalui metode dan media kekinian.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021