Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu mengatakan, bimbingan teknis (bimtek) elektronik monitoring evaluasi pengendalian dan pelaporan pembangunan (E-Monep) 'New Generation' dipastikan mendorong percepatan pembangunan.

"Setiap tahun, kita menggelar bimtek serupa maka pencapaiannya harus terus lebih berkualitas dalam mempercepat realisasi pembangunan di daerah ini," kata Wabup Thariq, membuka bimtek tersebut, di salah satu hotel berbintang di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Perbedaannya tahun 2021 ini, para operator dari setiap organisasi perangkat daerah (OPD) harus menjadi andalan terbaik, tidak hanya sebagai operator penginput data namun akan menjelma sebagai pelaksana tugas dan fungsinya dalam pengelolaan E-Monep New Generation. 

Mengingat bimtek tersebut untuk lebih melatih para operator yang akan memasukkan (input) data-data ke dalam sistem agar tepat waktu dan sesuai petunjuk teknis (juknis).

Mereka (operator) dilatih tentang teknik pengisian atau menginput data-data ke dalam sistem baik menyangkut realisasi fisik maupun realisasi anggaran.

Ada yang telah menjalankan peran ini dari tahun ke tahun, ada pula yang baru akan menjalankan perannya sebagai operator E-Monep.

Perlu diingat, penginputannya harus tepat waktu agar target realisasi percepatan pembangunan daerah benar-benar tercapai.

Seluruh operator diharapkan fokus mengikuti bimtek tersebut, sebab di tangan mereka implementasi E-MONEP diharapkan terealisasi optimal.

Tidak hanya operator, para Sekretaris OPD pun diikutkan agar mereka terlatih dalam mengkoordinasikan setiap masalah teknis yang dapat muncul dalam pelaksanaan sistem tersebut.***
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021