Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menerima hibah lima unit ventilator dari PT Pindad (Persero) yang nantinya akan dimanfaatkan di sejumlah rumah sakit di daerah itu.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di Gorontalo Kamis, mengatakan serah terima telah dilakukan oleh Direktur Utama PT. Pindad Abraham Mose pada Rabu (24/3).

Lima unit ventilator diberikan setelah Gubernur mengirimkan surat permintaan beberapa waktu lalu.

Selain kepada Gubernur, ventilator buatan PT  Pindad itu juga diserahterimakan kepada Kapolda Gorontalo Irjenpol Akhmad Wiyagus dan Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito.

Gubernur atas nama pemerintah dan masyarakat berterima kasih kepada Dirut PT Pindad yang sudah menghibahkan alat yang sangat dibutuhkan oleh para pasien itu.

Alat itu untuk memenuhi kebutuhan Rumah Sakit Provinsi Hasri Ainun Habibie, juga untuk fasilitas kesehatan di Polda Gorontalo dan Korem 133/ Nani Wartabone.

“Kami sangat terbantu, karena kebutuhannya mendesak. Ventilator ini barang cukup langka dan cukup mahal,” kata gubernur.

Ventilator yang dikembangkan PT Pindad diberi nama Ventilator Resusitator Manual (VRM) 2.

Ventilator jenis ini diklaim lebih baik dalam hal kualitas, bentuk, dan dimensinya dibandingkan dengan pendahulunya VRM.

VRM 2 lebih kecil dengan masa yang lebih ringan, serta dilengkapi layar sentuh dan alarm.

“Ventilator ini yang membuat anak perusahaan PT Pindad. Paling tidak kami bisa membantu pasien yang menderita COVID-19. Kita sudah menyerahkan lebih dari seribu unit untuk rumah sakit angkatan darat, udara dan lainnya," kata Abraham Mose.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021