Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Rahmat Kasim, mengatakan, pihaknya menyiapkan nomor rekening bagi umat Islam yang ingin menunaikan zakat, infaq dan sedekah melalui setoran bank.

"Para Muzakki bisa menunaikan zakat melalui rekening yang telah kami disiapkan," katanya, Minggu, di Gorontalo.

Kata dia, Muzakki adalah orang yang dikenai kewajiban membayar zakat atas kepemilikan harta yang telah mencapai nishab dan haul.

Muzakki dapat menunaikan zakat, baik zakat mal, infaq dan sedekah melalui nomor rekening yang telah disiapkan pihaknya.

Yaitu, untuk zakat mal dapat disetorkan melalui nomor rekening 01902110041834 Bank SulutGo/BSG, dan infaq, sedekah melalui nomor rekening 515601035561532 Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Muzakki pun bisa menunaikan zakat melalui unit pengumpul zakat (UPZ) yang ada di setiap desa.

Seperti yang telah dilakukan oleh Bupati Indra Yasin, tepat 1 Ramadhan 1442 Hijriah atau pada Selasa (13/4/2021) yang telah menunaikan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) melalui Amilin atau petugas pengumpul zakat (UPZ) Desa Molingkapoto.

"Bupati telah meneladankan menunaikan zakat lebih awal atau di permulaan Ramadhan, dengan harapan zakat yang telah terkumpul dapat secepatnya didistribusikan kepada yang berhak menerima," katanya.

Selain mendatangi UPZ, para Muzakki pun bisa menunggu kedatangan para amilin ke rumah-rumah, sebab mereka memang bertugas untuk pengumpulan tersebut.

Khusus zakat fitrah, pemerintah daerah telah menetapkannya senilai Rp25 ribu per jiwa, atau 2,5 kilo gram beras sama dengan 3,5 liter beras.

Muzakki dapat menunaikannya dengan beras atau dengan uang.

Tidak hanya bupati, seluruh pelaksana Baznas pun telah menunaikan pembayaran zakat fitrah melalui UPZ di desa masing-masing.

"Kita memberi teladan, apalagi zakat, infaq dan sedekah sebaiknya dikumpul diawal Ramadhan, sesuai amanat Peraturan Menteri Agama nomor 52 tahun 2014 pasal 31 ayat 1 dan 2. Agar dana zakat terkumpul lebih banyak, dan segera akan didistribusikan paling lambat sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri," katanya lagi.***
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021