Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango akan melibatkan Panitia Pengawas (Panwas) pilkada, untuk meneliti keabsahan ijazah para calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup).

"Kami akan surati Panwas pilkada, tentang verifikasi ijazah cabup/cawabup dari tanggal 8-14 Agustus 2015," kata Ketua KPU Bone Bolango Darwis Hasan, Rabu.

Pihaknya sengaja melibatkan Panwas agar sinergitas antara KPU dengan pengawas itu terus terbangun, sehingga seluruh tahapan pilkada yang sementara berjalan ini, terus terawasi dengan baik.

Untuk verifikasi keaslian ijazah cabup/cawabup, terlebih soal gelar akademik yang melekat pada nama calon, KPU pusat sudah bekerjasama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), namun pihaknya juga akan melakukan verifikasi ke sekolah, di mana yang bersangkutan menjalani pendidikan.

Sementara itu, Komisioner KPU Bone Bolango lainya Idris Usuli menjelaskan soal ijazah calon, KPU akan melakukan verifikasi hingga ke Kota Luwuk, Provinsi Sulawesi Tengah.

"Jadi ada Cabup dari Perseorangan, Izajah SMA di Kota Luwuk, Sulawesi Tengah, sehingga kami harus melakukan perjalanan ke sana" kata Idris Usuli.

Ditambahkanya juga, bahwa tidak hanya di Sulawesi Tengah, KPU juga akan melakukan verifikasi ijazah gelar akademik dari beberapa Cabup/Cawabup, diantaranya di Institut Pertanian Bogor (IPB) Jawa Barat, Universitas Hasanuddin Makasar, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Artha Bodhi Iswara Surabaya dan Kota Manado Sulawesi Utara.

"Selebihnya ijazah dari pasangan Cabup/Cawabup Bone Bolango yang lainya, hanya di seputaran Provinsi Gorontalo," ungkap Idris.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015