Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo Darda Daraba, Selasa, mengatakan penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) bulan Mei tahun anggaran 2021 melampaui target.

Untuk target fisik ditetapkan sebesar 34,23 persen dan realisasinya mencapai 47,17 persen.

Sedangkan untuk target keuangan 31,39 persen dan realisasinya sebesar 35,74 persen.

“Target kita tahun ini jauh lebih bagus dari tahun-tahun sebelumnya. Ini membuktikan bahwa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sangat peduli terhadap rencana fisik dan keuangan yang telah ditetapkan,” katanya saat rapat pimpinan evaluasi penyerapan anggaran APBD di Kota Gorontalo.

Dari 33 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Gorontalo, 20 diantaranya mencapai target fisik dan keuangan yang telah ditetapkan.

Sementara yang belum mencapai target fisik dan keuangan tersisa 13 OPD.

Sekda berharap setiap pimpinan OPD dapat memperhatikan kendala-kendala, yang menyebabkan tidak terpenuhinya target yang telah ditetapkan.

Terkait percepatan pengadaan dan jasa, ia mengingatkan seluruh pimpinan OPD untuk segera mengantisipasi paket pekerjaan yang belum optimal, baik yang didanai APBD maupun Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Saya lihat masih ada beberapa kegiatan yang belum tercatat di dalam proses pengadaan barang dan jasa. Ini tantangannya," imbuhnya.

Rapat evaluasi dihadiri Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda dan seluruh pimpinan OPD.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021