Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara fokus mengembangkan sektor pariwisata berstandar protokol kesehatan (prokes) di tengah pandemi COVID-19.

"Pandemi COVID-19 belum berakhir, maka kita perlu melakukan penyesuaian di masa ini termasuk dalam pengembangan sektor pariwiasata. Wisatawan boleh menikmati destinasi wisata di daerah ini dengan penerapan prokes," kata Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin di Gorontalo, Rabu.

Ia mengatakan, pemkab akan melakukan pembenahan di beberapa objek wisata unggulan yang dikelola dalam upaya meningkatkan minat kunjungan pariwisata.

Termasuk melakukan promosi pariwisata yang menerapkan prokes untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Tidak hanya pengunjung, pengelola objek wisata pun harus mencontohkan bagaimana penerapan disiplin prokes.

Yaitu menyiapkan seluruh fasilitas pendukung yang harus ada.

Khusus di daerah ini, standar penerapan prokes di tempat-tempat wisata yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta diimbau menjaga kesehatan dengan makan dan minum menggunakan peralatan sendiri.

Kondisi-kondisi tersebut kata dia, akan terus menjadi bagian dari promosi pariwisata yang akan digencarkan.

Sehingga pengunjung atau wisatawan yang datang, sudah langsung menyesuaikan dengan penerapan prokes tersebut.

Diakuinya, sektor pariwisata menjadi salah satu andalan sumber penerimaan melalui pendapatan asli daerah.

Maka pengembangannya akan terus dilakukan, mengingat urusan pariwisata berkaitan erat dengan peningkatan perekonomian mikro dan makro.

Hingga saat ini, pemkab masih menutup beberapa destinasi wisata yang ada, untuk melakukan pembenahan terkait penerapan prokes dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19, katanya pula.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021