Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menyebut diperlukan kerja sama dan koordinasi lintas sektor dan program untuk menekan Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu (AKI) dan stunting.

Menyikapi hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo menggelar pertemuan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seluruh Kepala Puskesmas di Manado, Rabu.

"Pertemuan ini sangat strategis dalam rangka melahirkan program serta terobosan untuk menekan percepatan penurunan AKI dan AKB dan stunting. Ini sangat penting karena kita punya target, apalagi di era pandemi COVID-19," ujar Nelson.

Menurutnya, selain OPD, Camat dan Puskesmas, kepada desa pun harus berperan dan terlibat dalam program tersebut. Selain itu program percepatan itu pun telah dimasukan ke RPJMD.

"Kolaborasi Camat dan Kades diharapkan sehingga ini menjadi indikator penilaian kinerja bagi mereka," tegas Nelson.

Untuk angka stunting kata Nelson, saat ini terus mengalami penurunan, dan Kabupaten Gorontalo pun menjadi salah satu daerah percontohan.

Sementara itu, Wakil Bupati Gorontalo, Hendra Hemeto berharap seluruh OPD, Camat dapat terlibat dalam program penurunan AKB, AKI dan stunting tersebut.

"Saya mengawal dan mengawasi program ini dan akan kami evaluasi yakni percepatan agar target itu terwujud," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021