Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo mendorong kaum milenial, terjun mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Idah Syahidah, Kamis, mengatakan talenta yang dimiliki oleh kalangan milenial tidak bisa dianggap sebelah mata.

"Dekranasda akan terus membina dan mendorong para milenial untuk berinovasi mengembangkan usahanya. Mereka punya gairah, semangat dan talenta," katanya di Gorontalo.

Ia mencontohkan, di Gorontalo anak muda telah membuat karawo atau kain dengan sulaman tangan khas Gorontalo semakin berkualitas dengan motif-motif yang lebih menarik dan kekinian.

"Kaum milenial di bawah binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Gorontalo sudah membuktikan hal itu, mereka telah mempromosikan produk karawo hingga ke Turki," tambahnya.

Idah mengatakan, ekonomi kreatif harus dibangun secara serius dengan mengintegrasikan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah, pelaku usaha, masyarakat, akademisi, media, dan institusi keuangan.

Ia optimistis UMKM menjadi pilar yang mampu mendorong pertumbuhan perekonomian daerah dan nasional.

"Di masa pandemi ini UMKM tidak boleh terpuruk. UMKM harus terus bergeliat dan bangkit," imbuhnya.

Pemprov Gorontalo menggelar Hulondalo Art and Craft Festival 2021, yang dibuka oleh Menteri Parekraf Sandiaga Uno secara Virtual, Rabu.

"Gorontalo memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang luar biasa. Rekan-rekan di Gorontalo, mari kita tingkatkan digitalisasi agar pariwisata dan ekonomi kreatif pulih sehingga perekonomian pun bangkit," kata Sandiaga.

Menpar mengungkapkan pihaknya telah meluncurkan beberapa program untuk mempercepat transformasi digital, diantaranya program Bekraf Digital Enterpreneurship (BDE) dan program Beli Kreatif Lokal.

Kemenparekraf juga telah meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), yang menargetkan hingga tahun 2023 sebanyak 30 juta UMKM terhubung secara digital.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021