Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gorotalo mengimbau jamaah calon haji (JCH) asal daerah itu, agar mewaspadai penularan Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci mekah tahun ini.

"JCH sebaiknya waspada terhadap penyebaran penyakit virus MERS-CoV karena virus itu banyak ditemukan di Arab Saudi," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gorontalo Marwan Razak, Jumat.

Ia mengatakan, virus MERS-CoV atau Mers Corona, cukup berbahaya bagi kesehatan, untuk itu seluruh JCH diimbau agar mewaspadai hal tersebut dengan senantiasa menjaga dan memelihara kesehatan saat berada di tanah suci.

Imbauan tersebut penting dilakukan oleh JCH, mengingat Virus Mers-Corona merupakan penyakit syndrome pernapasan yang disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan, yang memiliki masa inkubasi 7 hingga 14 hari.

Menurutnya, untuk menjaga setiap kemungkinan itu maka pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan sebagai pelaksana teknis dalam rangka mengntisipasi terjadinya penularan virus tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Rony Sampir menyatakan, pemeriksaan kesehatan mejelang dan setelah naik haji sangat penting, oleh karena itu pihaknya telah melakukan imunisasi kepada seluruh CJH.

"Imunisasi dilakukan guna meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya penularan virus tersebut," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau para JCH agar senantiasa menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) termasuk kebiasaan mencuci tangan sebelum makan dan mengenakkan masker saat berada di luar ruangan.

"Sebaiknya juga masker yang nantinya akan dikenakkan itu dalam keadaan basah, sehingga ketika bernapas maka udara panas yang kita hirup dapat ternetralisasi dengan masker yang telah basah itu," jelas Rony.

Hal itu penting diperhatikan, mengnigat kondisi cuaca di tanah suci sangat panas, karena itu CJH harus memperhatikan kesehatan, dengan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang dan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Marwan menambahkan, cuaca di Arab Saudi tahun ini terbilang cukup ekstrim dibandingkan tahun lalu, sehingga diharapkan seluruh JCH dapat menaanti anjuran petugas kesehatan, mulai dari menjaga pola makan yang sehat dan seimbang dan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015