Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Ketua Panitia Daerah Festival Boalemo, Winarni Monoarfa mengatakan, dari 40 duta besar yang diundang dalam kegiatan tersebut, 12 negara telah memberi kepastian akan hadir.

Negara-negara tersebut di antaranya Kazakhstan, Pakistan, Sudan, Bangladesh, Polandia, Uni Emirat Arab, Meksiko, Kroasia, Armenia, Mozambik dan Laos,.katanya di Boalemo, Sabtu.

"12 negara sudah memberikan konfirmasi, sedangkan dubes negara lainnya akan kami tunggu hingga batas konfirmasi pendaftaran 3 September 2015," katanya.

Menurut dia, Kementerian Luar Negeri akan berupaya untuk memaksimalkan kehadiran para duta besar dalam festival tersebut.

Selain pembukaan Festival Boalemo yang akan dilakukan pada 10 September 2015, kegiatan utama para duta besar adalah tur diplomatik ke sejumlah lokasi di Kabupaten Boalemo dan Kota Gorontalo.

Sementara itu, untuk jadwal penerbangan tamu-tamu, panitia telah menyiapkan penerbangan tambahan namun belum ada jadwal keberangkatan.

"Kami sudah bicarakan hal ini dengan maskapai Lion Air, Garuda dan Sriwijaya Air. Mereka siap lakukan penerbangan tambahan tapi masih menunggu data akhir tamu mana saja yang memberikan konfirmasi kehadiran," katanya.

Winarni juga meminta pelaksana kegiatan untuk memikirkan kembali lokasi helipad yang sudah dibangun sekitar 200 meter dari tenda utama tamu VVIP di Pantai Bolihutu, yang merupakan lokasi pembukaan Festival Boalemo.

"Harus ada jaminan jika saat helikopter mendarat tidak akan menyebarkan debu dan sampah ke panggung para duta besar dan tamu-tamu lainnya," katanya.

Fesival Boalemo digelar pada 10-14 September 20015 sebagai rangkaian dari Sail Tomini yang akan digelar mulai 19 September 2015.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015