Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Sebanyak 360 Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Gorontalo siap berangkat ke tanah suci, melalui embarkasi Makasar Sulawesi Selatan tanggal 14 September 2015 nanti.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Minggu, mengatakan bahwa saat ini JCH Kota Gorontalo siap untuk berangkat, persoalan visa sudah terselesaikan.

"Memang ada sejumlah JCH Kota Gorontalo beberapa hari lalu belum memiliki visa, namun masalah tersebut sudah berhasil diselesaikan sehingga semua siap berangkat," kata Marten.

Dia meminta kepada seluruh JCH untuk menjaga kesehatan, sebab cuaca di Arab Saudi saat ini sedang tidak bersahabat dan tentunya berpengaruh pada kondisi tiap jemaah.

Selain menjaga kesehatan, Marten juga meminta agar JCH mematuhi ketentuan yang sudah ada dari petugas maupun pemandu baik dari Kementerian Agama maupun kelompok terbang (Kloter ) masing-masing.

"Saya ingin agar JCH asal Kota Gorontalo bisa kembali dengan utuh dan selalu kompak, agar seluruh proses ibadah haji dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan," kata Marten.

Safri Nurkamiden salah seorang JCH asal Kota Gorontalo mengatakan, bahwa pekan lalu memang sempat resah sebab dirinya belum memiliki visa, namun saat ini sudah merasa tenang karena seluruh dokumen sudah lengkap.

"Saya termasuk jemaah yang memiliki visa, namun saat ini sudah lengkap dokumen dan hanya konsentrasi untuk siap melaksanakan ibadah haji," kata Safri.

Menurut dia, panitia dari Kantor Wilayah Kementerian Agama banyak membantu JCH, termasuk memberikan informasi dan mengurus kelengkapan adminitrasi.

"Petugas Kantor wilayah maupun daerah terus menerus membantu JCH, termasuk informasi menyangkut kondisi cuaca di Arab Saudi," kata Safri.

Pewarta: M.F. Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015