Bupati Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo, Indra Yasin, menyatakan peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia merupakan momentum besar dalam melawan COVID-19 khususnya di daerah itu.

"Zaman perjuangan dulu, bangsa kita berjuang melawan penjajah. Saat ini, di era pandemi kita harus bersemangat menumbuhkan rasa nasionalisme untuk sama-sama melawan COVID-19," katanya selaku inspektur upacara di Upacara HUT ke-76 RI di halaman kantor bupati setempat, Selasa.

Ia berharap seluruh komponen bangsa yang ada di daerah itu dapat bangkit bersama-sama untuk melawan COVID-19.

Melawannya tentu dengan tidak mengangkat senjata, namun konsisten menerapkan disiplin protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan.

Dengan semangat nasionalisme, kita optimistis mampu melawan COVID-19 yang sudah menjadi momok menakutkan.

"Saya pun mengajak seluruh generasi muda daerah ini menjadi agen-agen yang dapat menyampaikan luas tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi untuk memutus rantai penularan virus tersebut," katanya pula.

Jika kita bebas dari pandemi COVID-19 maka pembangunan akan berjalan dengan baik.

"Kita akan mampu terus mengisi kemerdekaan ini dengan program-program pembangunan untuk kemaslahatan umat, menekan kemiskinan dan menyejahterakan masyarakat serta mencerdaskan bangsa," katanya lagi.

Di kabupaten tersebut, 5 kecamatan dari 11 kecamatan, masuk menjadi zona merah dan 6 kecamatan zona kuning.

Sementara di rumah sakit umum daerah (RSUD) Zainal Umar Sidiki, ada 5 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 sementara menjalani masa karantina dan perawatan.

"Kita doakan mereka semua sembuh. Hingga tidak ada lagi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah ini, baik yang dirawat di rumah sakit daerah, maupun di rujuk di rumah sakit rujukan di Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo," tambahnya.***
Upacara HUT ke-76 RI di halaman kantor bupati Gorontalo Utara. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021