Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Warga Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, yang ingin melihat langsung kapal-kapal layar asing peserta "rally yacht" di Pulau Saronde diminta untuk tidak mendekat.

"Mereka adalah wisatawan yang ingin menikmati keindahan pulau ini sehingga sudah pasti faktor kenyamanan dan keamanan sangat diperlukan. Makanya kami tidak mengizinkan warga mendekati kapal-kapal layar asing tersebut yang memilih berlabuh di bagian teluk Pulau Mohinggito yang ada di depan Pulau Saronde," ujar Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Gorontalo, Kombes Pol Jacub Prajogo, Senin.

Menurut dia, pengamanan lokasi penyelenggaraan Sail Tomini dan Festival Boalemo sudah termasuk Festival Saronde terus dioptimalkan, baik di Pulau Saronde maupun sekitar Pelabuhan Kwandang dan Anggrek.

Selain menurunkan 100 personel, pihaknya pun mengerahkan dua "speed boat" milik Polairud untuk memantau keamanan penyelenggaraan iven yang diikuti puluhan kapal asing dari berbagai belahan negara tersebut, diantaranya Amerika, Australia, Polandia dan Selandia Baru.

Ia optimistis, kondusivitas wilayah tersebut terjaga selama penyelenggaraan Festival Saronde hingga 3 September 2015.

Deane Hiles, seorang "Yachter" dari Australia mengaku, sangat terkesan dengan penyambutan yang dilakukan Pemerintah Indonesia di pulau tersebut.

Ia mengaku tak menyangka akan disambut meriah, bahkan "welcome drink" yang disungguhkan cukup unik, yaitu minum air kelapa beramai-ramai.

Sebelumnya, kata Deane, dia ragu untuk berlabuh di pulau ini bahkan hendak ingin langsung melanjutkan perjalanannya sebab melihat begitu banyak "speed boat" yang mendekati kapal layar miliknya.

"Kami berpikir dilarang mendekat. Ternyata kami disambut dengan sangat baik dan ramah, bahkan difasilitasi agar bisa segera berada di Pulau Saronde sebab banyak warga menunggu," ujar Deane yang datang bersama istrinya.

Ia memastikan, akan ada 20 kapal layar singgah di Pulau Saronde sebelum mereka melanjutkan perjalanannya ke Bitung, Sulawesi Utara.

"Melihat keindahan pulau-pulau di perairan ini, saya langsung mengajak seluruh teman-teman agar mau singgah menikmati keindahan pulau ini. 20 kapal layar akan singgah dan kami berencana berada di pulau ini selama tiga hari sebab ingin melihat langsung Festival Saronde yang akan digelar," ujarnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015